Thursday 19 November 2015

Pemakaian Essence Oleh Pemancing


Memancing memang kegiatan yang sangat menyenangkan, hobby ini bisa dikatakan mempunyai keunikan dan tantangan sendiri bagi para angler mania. Dan sudah tidak asing lagi setiap pemancing pasti mengalami apa yang disebut Boncos, Zonk atau Digolono ( sunda ) . Nah penulis mencoba untuk berbagi sedikit mengenai artikel mengenai dunia angler dan pemakaian Essential/Essence/flavour dalam memancing ikan.
Secarai biologis ikan mempunyai indera penciuman yang sangat sensitive, ketajaman penciumannya terdapat pada satu set lubang hidung yang tepat berada pada moncongnya. Ada Zat yang mampu menarik perhatian ikan yaitu Asam Amino dan Asam Empedu .Zat tersebut dapat dipercaya dalam memicu nafsu makan sebagian ikan . Disinilah menariknya memancing, keahlian/Skill pemancing /Angler dalam meramu dan meracik umpan  diperlukan untuk mencari cara bagaimana mendapat perhatian dari ikan.

ESSENTIAL/ESSENCE/FLAVOUR


Essential/Essence/Flavour di kalangan pemancing mania lebih trend dengan sebutan essen. cairan kimia yang satu ini sangat cerdik sebab, bisa menirukan hampir seluruh jenis aroma.Sejak dulu kala essen hanya di gunakan sebagai tambahan pangan & minuman, kini merebak di dunia mancing. menurut penelitian para ilmuan di nyatakan bukan bahan kimia yang berbahaya.Notabenie essen safety di konsumsi. cairan ini apabila di teteskan ke umpan dari segi rasa tidak berpengaruh, dengan harapan ikan cepat datang, apabila dosis nya melebihi ketentuan ( over dosis ) ikan tidak menghampiri bahkan lari tunggang langgang! segala sesuatu juga ada porsi nya. Nach.... bagi yang gemar meungutak-atik cairan kimia ini: tahap pertama kita membuat dasar misal santan,milk, dst..dst. Tahap kedua tuangkan aroma yang kita inginkan, tahap ketiga masuk essen pasta double fungsi dengan takaran dosis yang sama, selain sebagai pewarna juga merangkap peredam..simple kan 

Lalu apakah Essential/Essence/ Flavour tersebut berguna ? disinilah letak pembahasan tulisan ini. Essential yang mengandung Asam Amino dan Asam Empedu tersebut cenderung akan menjadi aktratan (Aroma) yang dapat diandalkan menjadi umpan yang mujarab . Namun akan menjadi bumerang bagi Angler itu sendiri, apabila campurannya tidak tepat. Intinya bahwa Essential/Essence/Flavour tidak membahayakan untuk di konsumsi ikan tetapi terletak pada takaran penggunaan dalam pemakaian sebagai Aktratan ( Aroma ) tadi. Jadi kesimpulan bahwa essen tidak berbahaya bagi Angler.
Namun Apapun jenis umpan andalan Angler mania, harus mempunyai Value (nilai) makanan yang baik. Sebab ikan akan cenderung menghindar malah kabur ke lapak lain apabila memiliki nilai gizi yang sedikit. Dan yang paling utama adalah  tingkat akurasi tinggi dalam melemparkan umpan ke tempat yang tepat. Sebaik dan sesempurna apapun umpan Angler apabila tidak tepat maka akan sia-sia.

Salam Strike,



Penulis,SNenterprise 2015

No comments:

Post a Comment