Thursday 19 November 2015

Ikan Nila Si Penyembuh Luka Pada Kulit



Salam sejahtera bagi pembaca dimanapun berada, kali ini penulis mencoba berbagi sedikit informasi yang tidak jauh dengan seputar dunia ikan. Informasi yang coba share adalah tentang manfaat ikan Nila dalam proses penyembuhan luka.
Ikan Nila yang selama ini kita konsumsi ternyata dapat dimanfaatkan sebagai Ikan yang dapat menyebuhkan luka hal ini diperkuat oleh  para Ilmuwan Cina  dalam Junalnya tentang " Pengembangan Biomimetik Tilapia Kalogen Nanofibers untuk Regenerasi kulit melalui Keratinosit Diferensial dan Kolagen Sintetis Demar Fibrolast." 15 januari 2015.

Lalu bagaimanakah Ikan Nila tersebut dapat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, ternyata kandungan Kolagelan lah sumbernya.. Lalu apa itu Kolagen ? Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino tertentu seperti Glycine,Proline, Hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, oto, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen. Kolagen sangatlah penting dalam memberikan kekuatan untuk struktur tubuh, struktur kulit, dan mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun lainnya.Kolagen juga dapat dapat memberikan elastisitas , kelenturan,kekenyalan, kelembaban dan ketahanan kulit. Kolagen terdapat dalam makanan -makanan yang kita konsumsi seperti :  Buah-buahan, sayuran,dan makan yang mengandung Omega 3 diantaranya Ikan Nila.

Lalu Bagaimana Ikan Nila dapat dimanfaatkan Kolagennya ?  Kolagen pada ikan umumnya terdapat pada kulit dan sisiknya. Sisik ikan banyak mengandung senyawa organik antara lain protein sebesar 41-84% berupa kolagen dan ichtylepiden.Berdasar penelitian nagal et,al (2004) sisik ikan mengandung 70% air, 27% protein 1% lemak dan 2% abu.

Para Ilmuwan percaya bahwa kolagen yang diekstrak dari Ikan (NILA) dapat diterapkan sebagai "Ganti Luka" untuk membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan. Kolagen pada Ikan Nila adalah protein struktural utama dari berbagai jaringan ikat pada hewan. Sebagai komponen utama dari jaringan tersebut para peneliti memfokuskan Ikan nila air tawar yang mendiami sungai dan danau.

Tim peneliti menemukan bahwa Kolagen Ikan Nila tidak mempunyai efek kekebalan yang negatif, yang mana sifat penyembuhan dari kolagen Ikan Nila mendorong fibroblast dan meningkat ekspresi gen yang terlibat dalam penyembuhan luka. Hasilnya cukup menggembirakan dan melanjutkan pada tahap pengujian kepada Hewan.

Sebagai bahan uji coba para peneliti menguji coba pada tikus yang mempunyai luka menganga selebar 1-8 cm diberikan obat lain sebagai bahan perbandingan. Ternyata Kolagen dari Ikan Nila yang paling efektif untuk mengobati luka setelah dua minggu. 

Para peneliti berharap dapat memperbaiki penelitiannya dimasa depan dan akan merilis produknya di masa depan. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.







Referensi jurnal: Tian Zhou, Nanping Wang, Yang Xue, Tingting Ding, Xin Liu, Xiumei Mo, dan Jiao Sun. "Pengembangan Biomimetik Tilapia Kolagen nanofibers untuk Regenerasi Kulit melalui Mendorong Keratinosit Diferensiasi dan Kolagen Sintesis Dermal Fibroblast." ACS Appl. Mater. Interface 7 (5), pp 3253-3262. 19-Jan-2015. DOI: 10.1021 / am507990m

No comments:

Post a Comment