Wednesday 18 November 2015

Cara Mengatasi Tersedak Dengan Cepat


Kerongkongan seseorang dapat tersumbat sewaktu menelan sepotong makanan yang terlalu besar sehingga dapat masuk tenggorokan . Ini dapat terjadi sewaktu seorang anak bermain-main dengan benda kecil sampai tertelan kedalam tenggorokan .Seseorang akan berusaha keras untuk bernafas , dan tidak bisa berbicara , mukanya menengadah, kedua bola matanya menonjol dan mukanya kebiru-biruan. Jika kalau pipa udara tersumbat seluruhnya, maka akan mati lemas dalam beberapa menit kalau tidak cepat mendapat pertolongan dengan segera. Inilah salah satu penyebab dari kematian tiba-tiba. Adakalanya orang yang lanjut usia  dan setengah bayapun mudah mengalami kematian seperti ini, atau yang sering dianggap terkena serangan jantung. Biasanya korban penyumbatan seperti ini adalah orang tua yang memakai gigi palsu, yang sedang mengunyah daging, atau pemabuk yang hilang kesadaran ketika mengunyah makanan  yang menelan potongan makanan yang besar.
Lalu Apa yang harus Dilakukan ketika mengalami hal tersebut  ?

Ada 3 jenis pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang tersedak oleh makananan.

1. Pukulan pada Punggung
Kita dapat memukul-mukul tulang punggung dengan cepat, yaitu diantara tulang belikat, ini dapat dilakukan pada korban yang sedang berdiri, duduk, atau berbaring pada sisi. Pukulan harus cukup keras untuk menggoncangkan tubuhnya . Dengan begitu mudah-mudahan benda yang menyumbat pipa udara itu dapat dikeluarkan.
Untuk Bayi ini dilakukan dengan lebih pelan. Kepala Bayi itu harus harus datar dengan tubuhnya . Dengan sebelah tangan , angkatlah bayi dalam posisi telungkup. Posisi seperti ini dipakai  hanya kalau bayi masih dapat bernafas sedikit. Tetapi kalau tak dapat bernafas sama sekali , kepalanya lebih rendah dari badan. baca juga

2. Tonjokkan Pada Perut ( Cara Heimlich)
Walaupun pipa udara tersumbat, masih ada udara dalam paru-paru. Tonjokan pada perut akan mengeluarkan sisa angin dari paru-paru dengan cepat sehingga mendorong benda yang menyumbat pada tenggorokannya. Ini dilakukan dengan menekan lambung ke atas sehingga benda itu terdorong ke dalam mulut . Bagian yang ditonjok ialah di bawah tulang rusukdi tengah -tengahnya. Tonjokan ini akan menekan diagfrahma ke atas lalu menekan paru-paru untuk mengeluarkan dan memaksakan udara ke dalam pipa udara . Ini dilakukan kepada orang yang sedang berdiri duduk atau tidur terlentang. Sipenolong bekerja dari belakang . Memeluk pinggang pasien dan menekan bagian ibu jari ke perut di atas pusar dan di bawah tulang rusuk. Kemudian dia dengan tangan yang sebelah lagi menekan ke atas dengan cepat. Dapat diulangi kalau yang pertama tidak berhasil.
Jika pasien itu berbaring terlentang , sipenolong bertekuk disampingnya atau mengangkangi pinggangnya. Dan menekan perut si pasien dengan kedua belah tangannya antara pusar dengan tulang rusuk. Kemudian dia mendorongnya ke atas dengan cepat .

3. Mencungkil Dengan Jari Tangan
Ini  akan berhasil apabila segumpal makanan atau benda keras tersebut menyumbat tenggorokan si korban . Lidahnya dilapis dengan saputangan lalu tarik keluar , Masukkan jari tangan yang satu lagi melalui sisi kerongkongan (jangan di tengah ) cukupdalam untuk menjangkau benda . Kalau jari itu dimasukan dengan lurus, mungkin benda itu akan terdorong ke dalam  lalu keluarkanlah benda/makanan tersebut.
Sekalipun Si pasien kelihatan bernafas , dia harus diperiksakan ke dokter, apakah benda tersebut telah seluruhnya dikeluarkan , atau pasien terluka tenggorokannya.
Itulah cara pertolongan pertama yang harus dilakukan apabila terjadi dirumah kita. Semoga bermanfaat.

Sumber :Harold Shryock , M.D dalam " Modern Medical Guide " 

No comments:

Post a Comment