Friday 4 December 2015

4 Tipe Karakter Pemancing

Dunia memancing merupakan dunia sangat menghibur bagi penghobbynya, kegiatan memancingpun bisa dilakukan secara perorangan maupun komunitas mancing, Spotnya bisa dilaut, didanau, muara,sungai, maupun kolam-kolam kecil. Tetapi menulis sekarang mencoba membahas bukan dari cara memancing, tentang ikan , maupun tentang umpan, tetapi akan mencoba membaca karakter kebiasaan para pemancing ketika melakukan memancing dengan kepribadiannya,tetapi ini bukan menjadi suatu pembenaran karena ini merupakan hasil pengamatan penulis dilapangan bukan berdasar hasil penelitian yang sudah menjadi fakta. Benar tidaknya saya kembalikan kepada masing-masing individu,bahwa ini hanya sekedar gambaran opini biasa-biasa. mari kita simak satu persatu tentang Karakter pemancing yang diantaranya 

1.Tipe Pemancing Sanguinis

Tipe pemancing seperti ini adalah tipe yang paling open ( Terbuka ) ketika memancing.Bahkan tipe ini dapat dikatakan super terbuka, tipe ini suka berbicara terhadap sesama pemancing baik ketika memancing ataupun diluar kegiatan memancing. Cepat menyesuailkan diri dengan keadaan, ramah, hangat dan penuh humor . Responsif terlebih lagi ketika saat memancing ikan sulit didapat dia spontan untuk mengeluarkan kekesalan maupun kegembiraanya.
Pemancing Sanguinis adalah orang yang suka bergaul dengan siapa saja baik secara perorangan maupun dalam komunitas. Dia begitu aktif. Tipe seperti ini tidak memikirkan cara memancing yang rumit, baik itu tekhnik memancing, meracik umpan, maupun pemilihan spot memancing, simpel yang terpenting bagi dirinya merasa gembira,senang dapat membuat orang tertawa ini sudah lebih dari cukup. Walaupun  hasil akhir ikan yang didapat mengecewakannya.Tetapi hatinya tetap bergembira ,karena memancing baginya adalah sarana bersosialisasi, dan bersenang-senang.

2.Tipe Pemancing Melankolis 

Tipe pemancing ini paling berbakat dari semua tipe pemancing lainnya. Tipe pemancing melankolik merupakan tipe yang menyukai kesendiriandan tertutup. Tipe pemancing ini terkadang bergaul dengan pemancing lainnya hanya sekedar formalitas saja, dan  dia sedikit berbicara ,kalaupun berbicara itu hanya sekedar basa-basi. Tipe seperti ini cenderung kelihatan murung dan meremehkan diri sendiri. Padahal kemampuan dalam memancing bisa dikatakan diatas rata-rata pemancing lainnya Baik itu racikan umpan jitunya, dari joran yang dipakai sampai detil-detil cara memancing dia dapat kuasai. Tipe pemancing seperti ini ekstra sabar , keteguhannya, ketekunannya dalam memancing sangat kuat.
Mungkin bagi angler/pemancing pernah melihat pemancing dengan tipe ini memancing sendirian , berkat kemandiriannya itu tipe ini mempunyai kualitas yang berbakat dalam memancing.

3. Tipe Pemancing Koleris

Tipe kolerik adalah tipe pemancing terbuka tetapi biasanya tingkat keterebukaannya lebih rendah dibandingkan tipe sanguinis yang super terbuka. Tipe pemancing seperti ini adalah tipe yang aktif, tipe pekerja keras dan tidak lekas menyerah dalam memancing. Tipe seperti ini terkadang cenderung labil dalam memancing , apabila dalam suatu spot dalam hitungan jam menurutnya ikan belum ada yang naik maka, maka kegelisahan akan melanda , dan tidak lama dari itu dia akan mencari spot lain yang menurutnya ada ikannya. Dari racikan umpanpun akan sering berubah-ubah hingga ia menemukan suatu takaran . 
Tipe ini cenderung keras kepala ,terkadang suka mengambil alih , mengomentari rekan pemancing lainnya , apabila dirasa ada yang kurang pas menurut dia ketika memancing. Terkadang sering memerintah orang-orang yang kebetulannya dengan bersamannya entah itu masalah umpan, entah itu joran dll. Tanpa memperdulikan apakah orang lain itu menyukainya atau tidak.
Tipe pemancimg Kolerik tipe pemancing yang penuh dengan pertentangan ,tipe ini mempunyai reputasi dengan memanfaatkan orang lain sebagai alat untuk dirinya sendiri. Tipe ini kurang mempunyai empati terhadap perasaan pemancing lainnya . Sehingga lambat laun banyak teman sesama pemancing meninggalkannya.

4.Tipe Pemancing Pleghmatis

Tipe pemancing seperti ini imempunyai pribadi yang tertutup dan pendiam,lamban,Dan mempunyai pikiran yang lurus-lurus saja dan tidak pernah gelisah ketika memancing seharian , spot yang dia pancingi tidak ada hasil sama sekali.
Tetapi pemancing seperti ini tipe yang sangat baik, lucu dan mempunyai daya humor yang yang tinggi tanpa dibuat-buat, sesuatu yang berada disekelilingnya  bagi dia bisa menjadi suatu yang sangat mengembirakan dan menghibur bagi lainnya. Tipe pemancing seperti ini banyak disenangi oleh rekan pemancing lainnya dan terkenal. Tipe ini cenderung tenang ,tidak beremosi, tidak menampakkan kesedihan apakah dia berada di spot yang sepi atau umpan dan kail yang dia lemparkan tanpa tersentuh sama sekali oleh ikan di banding dengan rekan lainnya.  
Tetapi kelemahannya pemancing ini adalah cenderung hanya mau ambil mudahnya atau yang praktis-praktis saja. Sehingga sering mengambil jalan pintas seperti pindah-pindah spot, meminta umpan seenaknya danlain-lain. Itulah karakternya kadang sulit ditebak.

Itulah keempat karakter pemancing dengan segala ciri cirinya yang khas, mohon maaf apabila ilustrasi yang penulis tidak mencerminkan kedaan yang sebenar-benarnya. sekali lagi ini hanyalah ilustrasi yang umum.


  

No comments:

Post a Comment