Thursday 19 November 2015

CACING DENGAN SEGALA MANFAATNYA


Untuk sebagian orang melihat seekor cacing akan berkata : "Ihh itu kan binatang menjijikan dan geli.sekali.". dan berbagai komentar jelek dialamatkan pada binatangg yang satu ini.


Tetapi faktanya sobat, cacing merupakan binatang yang tidak hanya menjijikan tetapi juga menjanjikan, untuk sebagaian orang bahkan binatang yang satu ini dapat mendatangkan keuntungan.
Salah satu contoh di negara Bolivia, cacing dimanfaatkan oleh para produsen makanan untuk bahan pembuatan biskuit. Yang mana cacing tersebut diolah menjadi bahan campuran menjadi tepung kemudian dibuat biskuit yang kaya akan protein dan nutrisi kalsium dan Omega 3.

Fakta dari dunia kedokteran dari hasil riset dan penelitan University James Cook oleh Dr. Michael Smout, cacing yang menjadi sumber penyakit kanker hati bernama Opisthorchis dan bersarang di dalam tubuh mempunyai ukuran 1 cm saja, ternyata dapat bermanfaat bagi pasien kanker itu sendiri. Yaitu cacing yang tadinya merupakan sumber pembunuh, seiring dengan perjalanan waktu dapat berubah menjadi cacing yang bersahabat yang membantu dalam proses penyembuhan pasien kanker.

Dan cacing berjenis lain yang berasal dari tanah atau namanya cacing Tiger, dalam dunia kesehatan merupakan obat tradisional yang sangat menakjubkan. Cacing tersebut dapat menyembuhkan demam ,dengan cara diolah terlebih dulu yaitu melalui proses pembersihan, kemudian penjemuran dan disangrai menjadi olahan bahan jamu. Khasiatnya yaitu Jamu cacing tersebut dapat menstabilkan suhu tubuh dengan cepat.seperti pada kasus typhus.

Cacing Tanah lainnya bernama latin ( Lumbicus Rubellus ) yang berbentuk tabung banyak ditemukan ditanah memakan bahan organik hidup dan mati. Cacing tersebut sangat melimpah ditempat terganggu dan hanya aktif jika ada air.

Pembaca budiman,banyak sekali yang melirik bahwa cacing tersebut sebagai peluang usaha yang mempunyai prospek sangat cerah, berbagai pemanfaatan yang dilakukan bagi dunia medis,kesehatan,pertanian,makanan kosmetika,bahkan hobby .Sehingga banyak pelaku bisnis yang memfokuskan dalam budidaya cacing sebagai mata pencaharian dalam mensuplai kebutuhan pasar yang tinggi tersebut.

Fakta lain, cacing merupakan sahabat petani yang membantu kesuburan suatu tanah selain pemberian pupuk non organik bagi tanaman. Karena dalam ilmu Biologi keberadaan cacing berfungsi sebagai Dekomposer yaitu makhluk hidup yang dapat menguraikan makhluk hidup yang telah mati, sehingga materi yang diuraikan dapat diserap oleh tumbuhan yang hidup. Artinya bermanfaat terhadap pertumbuhan tanaman dan dapat mempengaruhi kesuburan suatu tanah.

Cerita lain bagi dunia Hobby mancing, binatang menjijikan ini merupakan salah satu umpan prioritas yang disukai oleh jenis ikan tertentu selain umpan olahan buatan sendiri. Karena pada dasarnya ikan lebih menyukai makanan alami sebagai asupan sebagai kebutuhan nutrisi dan protein.
Dari fakta-fakta tersebut tentulah kita sebagai manusia yang diciptakan Allah sebagai makhluk sempurna dan mulia dan tidak menjijikan tentunya..he..he. mempunyai kewajiban untuk menggali kekayaan alam dan dan makkhluk sekalipun menjijikan bagi kita.

Sahabatku ,Allah menciptakan menciptakan seluruh alam semesta begitu sempurnya, tidak ada satu ciptaanpun yang tuhan ciptan dengan sia-sia, sekalipun itu menjijikan seperti cacing. Apapun yang tuhan ciptakan tentulah mempunyai manfaat baik yang telah tersingkap maupun yang masih tersembunyi.


Itulah fakta-fakta nyata binatang menjijikan cacing yang ternyata mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia .Terimakasih atas waktunya telah berkunjung dan membaca artikel saya, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan pembacanya. lihat juga :http://yanawardhana.blogspot.co.id/2015/11/5-keajaiban-belatung.html







No comments:

Post a Comment