Thursday 19 November 2015

Bagaimanakah Ikan Berkomunikasi ?


Dinegara Bagian Washington AS , ada seorang komunikator telepati bernama Mary Getten yang bisa berkomunikasi dengan ikan Paus jenis Orca. Beliau menjelaskan dalam risetnya tentang percakapan batinnya dengan ikan,   mengenai kedekatan yang begitu harmosis diantara mereka.
Tentunya kita bertanya kedekatan seperti apa yang mereka alami , lalu komunikasi apa yang mereka gunakan jawabannya adalah Telepati.
Telepati adalah komunikasi Universal/umum yang digunakan tanpa kita berada disamping ataupun tempat keberadaan suatu makhluk secara jarak jauh. Lalu bagaimanakah bisa, kita berkomunikasi dengan ikan  yang jelas mempunyai perberdaaan tersebut. ? Menurut Marry Getten dia menempatkan informasi ini keluar agar orang-orang bisa mengetahui dan selalu bereksperimen dengan jenis -jenis hewan yang terbang , maupun yang tinggal di air. Komunikasi Telepati adalah suatu yang bisa dipelajari secara ilmiah dengan memahami karakteristik hewan, kedekatan  dan populasi mereka, dan secara psycology akan memahami komunikasi apa yang mereka sampaikan.
Pentingkah memahami bahasa dan tingkah laku ikan ?   Pembaca yang budiman, tidakkah salah kita mempelajari bahasa dan tingkah laku mereka sebagai informasi dan penambah wawasan kita. Apalagi orang yang berhubungan langsung seperti :. Seorang Nelayan, Pemancing ,maupun Pengusaha Tambak. Adakalanya mereka memerlukan informasi yang berkaitan sebagai bahan referensi ataupun hanya sekedar tahu tanpa mengetahui secara detail.
Secara Psykologi menurut artikel dari saudara Elnino Araujo mengatakan perilaku ikan merupakan bentuk pesan yang dapat dipahami oleh kita, Dengan cara mengamati mereka , pola hidup mereka sosialisai mereka. sehingga kita dapat memahami apa yang mereka alami.
Adapun bahasa tubuh dan perilaku ikan diantaranya :

1. Jika Ikan disaat sedang diam disuatu sudut dan menyendiri lalu bergerak-gerak keatas-kebawah,kekiri-kekanan,dengan berlari-lari tanpa ada teman. Ia sedang merespon keadaan sendiri . secara psykologis ikan tersebut sangat sehat dan riang gembira.
2. Jika ikan selalu berlari-lari dan meliuk-liuk dan membuat busa dengan posisi ekor di bawah pertanda ikan tersebut sedang ingin kawin.
3.Jika ikan sering loncat-loncat ke permukaan air tempat ia tinggal pertanda adanya suatu perubahan baik itu suhu, debit air, atau dia melakukan migrasi ke tempat yang baru ditinggalinya. sehingga secara psyikologis hewan dia mengalami stress dan kepanikan.
4. Ikan terkadang diam dan jalan sempoyongan tidak stabil dan terkadang menabrak-nabrak secara psyikologis ikan sedang merasakan sakiy, karena adanya suatu perubahan air, warna maupun suhu sehinnga merasa tidak nyaman.
5.Jika ikan meliuk-liuk tubuhnya lalu bergerak seperti ular secara psyikologis ikan tersebut sedang memasuki masa birahi maupun masa pertumbuhan.
6.Jika ikan ketika belum diberikan pakan dan mengembang kempiskan, seperti engap-engapan dalam jangka waktu lebih dari seminggu. Ikan tersebut mengalami gangguan pernapasan labirinnya.

Sobatku , bagi Angler khusussya tidalah salah kalau kita sedikit mengetahui bagaimana seluk beluk ikan bagi kita sebagai bahan ilmu untuk melengkapi teknik-tekknik dasar memancing dengan mempelajari ikan yang ada di spot beserta tingkah laku ikan ketika memancing.
Berkomunikasi dengan ikan salah satunya adalah melalui gelombang suara seperti yang diungkapkan oleh hasil riset Nurus Suroya PSP UNDIP  mengenai pengaruh gelombang suara pada ikan Nila.
Yaitu sensitivitas ikan terhadap suara dapat mempengaruhi tingkah laku dan reaksinya di dalam air. Karena ikan mampu mendengar suara berfrequensi antara 30 - 100 Hz. Ikan Nila cenderung diam dan lalu bereaksi mendekati suarara ketika ada suatu berupa gelombang yang diakibatkan oleh cipratan air, maupun suara angin.
Pembaca yang budiman itulah sekelumit seputar bahasa ikan, yang mana ikan pun dapat berkata " WE CAN NOT, NOT CUMMUNICATION artinya seekor ikan pun dapat mengkomunikasikan mengenai eksistensi dirinya. Terimakasih telah berkunjung
kunjungi juga :Ikan Buntal Yang Mematikan

wassalam

No comments:

Post a Comment