Saturday 28 November 2015

Ini Buah Dan Sayuran Akan Membuatmu Sakit

Informasi dari FDA  mengenai daftar-daftar buah -buahan dan sayuran yang dapat berpotensi mempunyai resiko rentan terserang penyakit, seperti yang dikutip oleh majalah Healt Oleh  Sarah Klein dari CSPI ( Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum ) mereka menyadari ada resiko yang tidak bisa dihindari dari buah-buahan maupun sayuran karena makanan tersebut merupakan bagian dari pola hidup sehat ataupun cara diet yang sehat.

Adapun jenis-jenis Sayuran dan Buah-Buahan yang dapat membuat Anda menjadi sakit yaitu :

1.Selada, Bayam
Sayuran tersebut merupakan suatu makanan kesukaan yang kaya akan nutrisi. tetapi para peneliti mengatakan bahwa sayuran tersebut dapat mendatangkan penyakit, Seperti terjadi suatu wabah yang menyebabkan 8.836 kasus antara tahun 1996-2008. data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit.Sayuran tersebut rentan terkontaminasi oleh kotoran,bilasan air kotor atau tangan  yang belum tercuci sebelum, membelinya.Untuk menghindari sakit sebaiknya dicuci terlebih dahulu , untuk mencegah kontaminasi silang dengan menggunakan talenan terpisah. Atau Jauh lebih baik mencuci dengan menambahkan disinfektan sebagai sterilisasi. Karena suatu bakteri terkadang tidak cukup hanya dibilas memakai air saja untuk kemungkinan menempelnya bakteri berasal dari pupuk tanaman yang berasal dari kotoran hewan.

2 .Tomat
 Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan nutrisi yang mengandung vitamin C. tetapi walaupun tidak ada kesalahan dalam buah tersebut, buah tomat sebagai penyebab umum dari penyakit bawaan .Tomat yang terkontaminasi sudah dipastikan mengandung bakteri yang dapat tumbuh berkembang biak.Untuk membersihkannya Anda perlu mencuci tangan selama 20 Detik dengan air hangat dan sabun. mencuci buah tomat tersebut dengan air yang mengalir agar bakteri-bakteri dapat terbilas dengan bersih.

3.Kecambah
kecambah merupakan makanan yang baik untuk dikomsumsi .karena salah satu manfaatnya adalah dapat membersihkan darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terlindungi dari penyakit. Tetapi kecambah sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri. karena bakteri tersebut tumbuh dalam kelembaban hangatnya suhu. menurut FDA dan CDC merekomendasikan untuk orang tua dan anak-anak yang lemah terhadap kekebalan agar menghindari makanan ini. Dan untuk orang dewasapun disarankan agar lebih berhati-hati mengkomsumsi kecambah mentah. Sebaiknya untuk dimasak terlebih dahulu seperti menumisnya. Dalam kecambah rentan terkontaminasi melalui air atau tanah yang tercemar.bakteri yang sifatnya patogen akan berada disetiap jaringan utama termasuk jaringan yang menyangkut gizi dalam kecambah.




4. Kentang
kentang merupakan kaya akan manfaat, dan tidak mungkin menyebabkan penyakit apabila dimasak secara benar. tetapi kentang juga dapat  mengandung wabah penyakit ,terlebih lebih yang disediakan oleh restoran-restoran cepat saji. Kontaminasi silang adanya transfer kuman dari satu jenis makan kemakanan lain yang mengandung jenis kuman seperti listeria, shigella, E coli dan Salmonella.




5. Strawberry
Suatu sumber mengatakan bahwa strawberry dapat menyebabkan keracunan dari CDC  menelusuri adanya wabah hepatitis A pada tahun 2013 untuk campuran strawberry beku. Sebuah wabah 1997 terjadi menyerang ribuan anak ketika makan siang , yang terkontaminasi strawberry beku mengandung hepatitis A.  Dalam kasus lain strawberry dapat menyebabkan diare berat , dehidrasi, dan kram. karena adanya kuman Cyclospora. Bagi  yang menyukai Strawberry tentunya agar lebih berhati-hati terhadap parasit yang menempel di kulit strawberry karena parasit tersebut dapat dihilangkan dengan ozonizer ataupun membilasnya dengan disinfektan.

6.Melon

Tidak ada yang berbahaya dengan buah melon namun dari laporan CDC telah mencatat adanya wabah baru terkait dengan Buah Melon. Tahun 2012 sebanyak 261 orang telah terinfeksi dengan salmonella setelah makan buah Melon diperternakan di Indiana. Tiga orang dinyatakan meninggal. Tahun sebelumnya 147 orang sakit dan 33 orang meninggal setelah makan melon yang terkontaminasi dengan listeria dan salmonella pada buah ini. kata Klein mengkomsumsi
listeria merupakan bakteri yang ditemukan didalam tanah,air, atau dari hewan termasuk unggas dan ternak.Dampaknya bisa menyebabkan gangguan pencernaan, muntah-muntah, demam ,diare, meningitis dan dapat menimbulkan kematian. jadi apabila melon yang terkontaminasi tersebut tidak dicuci dengan bersih apalagi diperoleh dari sumber pengolahan makanan yang memiliki sanitasi yang buruk maka buah-buahan tersebut rentan terkontaminasi bakteri.
Maka berhati-hatilah dalam memakan sayuran dan buah-buahan yang kita peroleh,

No comments:

Post a Comment